November 9, 2022, 3:39 pm

Penggunaan Carbon Fiber Dalam Industri Fashion

Penggunaan Carbon Fiber Dalam Industri Fashion

Tau nggak sih, bahan yang digunakan pada supercar dan pesawat terbang, carbon fiber sekarang dijadiin fashion? Seiring berkembangnya perkembangan industri, carbon fiber akhirnya tidak lagi hanya diterapkan pada konstruksi otomotif. Dengan teknologi dan inovasi sekarang ini, carbon fiber masuk di dunia fashion dengan karakteristiknya yang ringan, kuat, dan mewah. Mungkin sebagian orang bertanya-tanya, apa sih carbon fiber itu? Dan gimana sih caranya kok bisa jadi serat karbon? Yuk simak penjelasannya.


Apa itu Carbon Fiber?

Karbon bisa dibilang elemen yang paling menakjubkan di alam. Hal ini karena karbon memiliki kemampuan untuk membentuk berbagai elemen menjadi suatu ikatan yang stabil. Sifat ini memungkinkan karbon untuk membentuk molekul yang sangat besar dan kompleks. Umumnya, bahan yang mengandung lebih dari 92% unsur karbon akan membentuk serat yang biasanya kita sebut ‘carbon fiber’. Carbon fiber atau serat karbon ini merupakan suatu material komposit, dimana tersusun dari dua atau lebih material yang memiliki sifat fisik dan kimia yang berbeda. Dalam penyusunan komposit, carbon fiber memiliki peran sebagai penguat karena daya tariknya yang tinggi.

Proses Pembuatan Carbon Fiber

Lalu, gimana sih caranya bikin carbon fiber ini? Carbon Fiber dibentuk dengan proses mekanis dan kimia yaitu pirolisis prekursor yang sesuai. Prekursor adalah bahan mentah yang nantinya ditarik dan dibentuk menjadi untaian panjang. Pembuatan carbon fiber tentu tidak jauh dari proses ‘karbonisasi’ yang merupakan pemanasan untaian panjang prekursor karbon pada ruang kedap oksigen. Pemanasan dilakukan pada suhu tinggi sehingga membuat atom pada serat karbon bergetar dan mengeluarkan atom non-karbon. Jadi, kira-kira tahapan pembuatan carbon fiber seperti ini.
  1. Pemintalan, pada tahap ini terjadi pembentukan struktur atom internal carbon fiber
  2. Stabilisasi, merupakan proses pengubahan ikatan atom linier menjadi ikatan tangga secara kimia (termal)
  3. Karbonisasi (Carbonizing), proses terbentuknya kristal karbon dengan ikatan yang kuat
  4. Oksidasi permukaan, dilakukan dengan penambahan atom oksigen untuk memberi sifat ikatan yang baik
Perekatan, biasanya dilakukan dengan pelapisan fiber dan biasanya menentukan ukuran carbon fiber ataupun pembentukan material komposit. Carbon fiber atau serat karbon memiliki kepadatan rendah, tapi punya kekuatan dan daya tarik yang sangat tinggi. Inilah alasan kenapa carbon fiber jadi favorit di dunia otomotif. Pecinta otomotif pasti tahu, carbon fiber udah biasa dipake jadi konstruksi pesawat terbang, supercar, bahkan motor di MotoGP. Hal ini karena carbon fiber ringan banget dan tidak akan mudah aus karena sifat kelelahannya jauh di atas material logam.
Penerapan Carbon Fiber di Industri Pakaian
Ada yang pernah denger penggunaan material Carbon Fiber di dunia fashion? Yaps, kamu ngga salah denger. Tak hanya dipertimbangkan di industri otomotif, sekarang industri fashion udah mulai menggiring carbon fiber sebagai salah satu material tambahan karena tampilannya yang menarik dan mudah dikombinasikan dengan berbagai jenis material lain. Penggunaan material carbon fiber ini bisa dengan mudah mengurangi berat barang yang dibuat sehingga akan menambah kenyamanan pengguna.Dalam aplikasinya, carbon fiber ini dapat digunakan secara tunggal maupun dikombinasikan dengan bahan lain seperti resin dan kulit sapi. Pengaplikasian carbon fiber ini dapat kamu temukan dalam bentuk dress, tas, dompet, phone case, bahkan bahan pelapis sabuk. Dengan sederet keunggulannya, bahan carbon fiber menghasilkan produk yang lebih exclusive.Biar kamu ga penasaran, coba liat deh beberapa pengaplikasian carbon fiber di industri fashion!

Carbon Fiber digunakan pada pakaian

Sumber : www.otospirit.com
Sumber : www.otospirit.com

Carbon Fiber digunakan pada tas

Sumber : www.otomotif.okezone.com
Sumber : www.otomotif.okezone.com

Carbon Fiber digunakan pada dompet

Sumber : www.kaskus.co.id
Sumber : www.kaskus.co.id

Carbon Fiber digunakan pada dompet
Sumber : www.carbonislyfe.com
Sumber : www.carbonislyfe.com
Pesatnya perkembangan industri memberikan ruang gerak yang sangat luas bagi siapapun untuk mengekspresikan kreativitasnya. Bisa dilihat dari perkembangan penggunaan carbon fiber yang pada awalnya hanya digunakan di industri otomotif, sekarang udah bisa digunakan di industri fashion. Penikmat produk-produk carbon fiber juga gak hanya berkutat di kalangan pria aja, tapi meluas ke kalangan wanita.
Blog Post Lainnya
NEWSLETTER, NEW PRODUCT, & PROMO INFORMATION
`Berlangganan
CONTACT US
Carbon is Lyfe Head Office, Jl. Sukun Raya Gg. Komplek Amarilis No.6, Modalan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
+6285156365784
+6285156365784
marketing@carbonislyfe.com
LET'S CONNECT
Copyright @ 2024 Carbon is Lyfe part of PT Aissar Bumantara Indonesia. All right reserved.